Resensi: Komik Kenakalan Remaja Sekolah


Komik Sebagai Edukasi untuk Remaja

Komik adalah sebuah bentuk seni visual yang menggabungkan gambar-gambar berurutan dalam sebuah cerita, biasanya dengan teks dalam bentuk balon ucapan atau narasi. Komik dapat berupa cerita pendek atau serial, dan dapat menampilkan berbagai genre seperti humor, aksi, drama, atau fiksi ilmiah. Komik dapat dipublikasikan dalam berbagai bentuk, seperti majalah komik, buku komik, atau secara daring.

Popularitas komik saat ini tetap cukup tinggi, terutama di kalangan anak muda dan remaja. Hal tersebut terlihat dari banyaknya peminat yang mengikuti dan mendukung serial dan adaptasi film dari berbagai komik terkenal seperti Marvel atau DC Comics. Selain itu, semakin banyak juga platform daring yang menyediakan komik secara digital yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Beberapa aplikasi dan situs daring populer seperti Webtoon dan Tapas membantu para pembuat komik independen untuk mempublikasikan karyanya dan memberikan akses kepada para pembaca yang lebih luas.

Komik dapat digunakan sebagai media edukasi yang efektif. Salah satu keunggulan dari komik adalah kemampuannya untuk menggabungkan gambar dan teks menjadi satu kesatuan yang mudah dipahami dan menarik perhatian. Dengan menggunakan komik, informasi dapat disajikan dalam format yang lebih ringkas dan mudah diingat, sehingga lebih mudah dicerna oleh pembaca, terutama anak-anak. 

Komik edukasi juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tentang topik-topik sensitif atau sulit dipahami seperti perubahan iklim, pendidikan seks, dan masalah kesehatan mental. Selain itu, komik juga dapat membantu memperkenalkan budaya dan sejarah suatu negara atau daerah, sehingga membantu dalam memperluas pemahaman dan wawasan pembaca.

Bahasa visual komik juga dapat membantu orang-orang dengan kebutuhan khusus atau orang yang kesulitan membaca untuk memahami informasi yang disajikan. Oleh karena itu, komik untuk edukasi dapat menjadi cara yang menyenangkan dan efektif untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan kesadaran tentang berbagai topik.


Identitas Buku:

Komikus :Achmad Fadhillah

Editor : Andreas Stevenson

Layouter : Arrazi Smith

Halaman :vi + 18 cm

Ukuran : 17,6 x 25 cm

ISBN :978-623-09-2100-1

Diterbitkan Oleh: HENSA PUSTAKA KARYA Jl. Madrasah, No.58b, Kec. Cinere, Kel. Cinere, Kota Depok, 16514

No. Hp : 0821-1183-8024

e-mail: admin@hensaic.com

web www.hensaic.com


Tentang Komikus:

Achmad Fadhillah - Lebih akrab dipang- gil Bedil. Pria Kelahiran di Jakarta 21 September 1997 Adalah Alumni SMA Diponegoro 1 Jakarta Jurusan IPS Sedang menempuh program Sar- jana di Bidang Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Bant- en. Saat ini, Pria bertempat tinggal di Jakarta Pu- sat sudah menyukai membuat komik strip sejak SMP dan mulai membuat komik strip sejak 2022.

Komik strip "Kenakalan Remaja Sekolah adalah karya pertama yang pria ini buat pada Desember 2022 Selain membuat komik strip, membuat gambar graffiti adalah kegemarannya. Sangat suka dengan membuat gambar graffiti.

Selain itu menyukai musik. Gnosis Band, Silver Band, Terrenova Orlando, dan La Hila Band adalah band dan pemusik idolanya.

Bedil menata karir sejak SMP dengan membuat gambar komik di Sketch. book dan menjadi salah satu desain di salah satu komunitas graffiti Kota Jakarta Kenali lebih lanjut di Instagram @Fadhillahbedill


Sinopsis:

Kisah berawal dari dua orang sahabat yaitu Kevin dan Aldo. Mereka bertemu dalam bus ketika pulang sekolah. Saat itu, Kevin mendapatkan tindakan bullying yang dilakukan oleh siswa dari sekolah lain. Kevin tidak menerima tindakan tersebut dan akhirnya mendatangi gerombolan siswa yang sudah merampas sepatunya. Aldo yang tidak ingin melihat Kevin berkelahi mengejar Kevin ke lokasi bentrokan. 

Saat di lokaso Aldo melihat sahabatnya mendapatkan pukulan hingga terjatuh. Aldo yang merasa perlu membalas serangan tersebut justru malah menjadi korbannya. Ia meninggal akibat terkena serangan lawan. Semua orang lari meninggalkan jasadnya, saat sirine polisi terdengar di lokasi kerjadian itu. Kini kelvin tidak hanya kehilang sepatu, tetapi juga seorang kawan.


Kelebihan:

Buku ini menarik untuk dibaca oleh anak remaja, selain plotnya tidak terlalu rumit komik besutan Achmad Fadhillah ini cukup mudah dibaca dan mudah dicerna. Sebuah komik yang berusaha menyampaikan efek negatif dari kurang tepatnya anak muda dalam menyampaikan eksistensi dan ekspresinya. 

Lebih baru Lebih lama