Belajar Kepada Pesohor: Jecques Derrida

 


Oleh Annisa Dwi Ayuningrum

Adakreatif.Id selenggarakan belajar kepada pesohor #6 dengan tema "Belajar Kepada Jacques Derrida" bertempat Cafe Adakopi Original pada Minggu (27/11/2023). 

Pemateri yang dihadirkan dalam gelar wicara ini merupakan Dosen Sastra Indonesia di Universitas Pamulang, yaitu Dr. Zulfardi Darussalam, M.Pd. yang akrab disapa Pak Zoel. Gelar wicara diawali dengan penampilan Band Eksis yang menyanyikan dua lagu ciptaanya sendiri.

Setelah penampilan, acara berlanjut dengan mendengarkan pemaparan Dr. Zulfardi Darussalam, M.Pd. dengan pembacaan cerpen "Warung Penajem" karya Ahmad Tohari sebagai contoh teks dekonstruksi. Ia menyampaikan bahwa teori deskontruksi Jecques Derrida adalah melihat konteks-konteks yang tersembunyi dalam teks dengan cara menghubungkan teks sastra dengan agama, budaya, ekonomi, dan lain-lain. Dengan cara tersebutlah akan mendapatkan kebenaran yang hakiki dari teks sastra yang dianalisis.

Pak Zoel juga menyampaikan bahwa dalam mendekonstruksi teks yang dicari adalah oposisi biner. 

"Oposisi biner adalah hal-hal yang tidak diungkapkan secara jelas di dalam teks, tapi dia merupakan sebuah dialog antara teks dengan kita." Terang Pak Zoel. 

Sehubungan dengan cepen "Warung Penajem" karya Ahmad Tohari, Pak Zoel menyampaikan bahwa teks sastra adalah teks yang merekonstruksi budaya.

"Tidak ada teks sastra yang tidak merekonstruksi budaya. Kehadiran teks sastra karena menyampaikan konteks di dalamnya. Konteks yang disampaikan adalah konteks budaya." Jelas Pak Zoel.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi diskusi. Kemudian penyerahan plakat dan dokumentasi. Acara berjalan lancar dan penuh antusias oleh para peserta gelar wicara.

Lebih baru Lebih lama